5 Tips Cara Amankan Android dari Serangan Virus dan Malware


5 Tips Cara Amankan Android dari Serangan Virus dan Malware


Kebanyakan user menggunakan ponsel ataupun tablet berbasis android untuk browsing ataupun menerima file dari perangkat lain, hal ini tentunya menyebabkan android kita rentan terkena virus atau malware. Apalagi pengguna yang sering mengunduh aplikasi atau informasi di toko virtual. Oleh karena itu kita harus berhati-hati dalam menggunakan perangkat Android kita.

Berikut tips-tips agar perangkat Android aman dari serangan virus atau malware jahat:

1.Manfaatkan standar fitur keamanan di perangkat Android
Masuklah ke menu >> Setting, lalu Pilih >> Location & Security >> dan masukkan data seperti no PIN dan Password untuk mengunci ponsel. Hal ini bermanfaat untuk mengamankan data-data pribadi saat ponsel hilang secara fisik.

2.Jangan pilih setting Auto Connect untuk Wi-Fi
Masuklah ke dalam menu >> Wireless & Network, lalu pilih >> WiFi Setting, nonaktifkan fungsi Auto Connect untuk Wi-Fi. Apalagi jika kita memakai Internet banking.

3. Hindari instal aplikasi selain dari Android Market
Agar terhindar dari Trojan Android, instal hanya aplikasi yang ada di Android Market. Baru-baru ditemukan Trojan Android dari sebuah penyedia layanan aplikasi pihak ketiga di Cina.

4. Hati-hati saat sebuah aplikasi meminta ijin untuk membuka akses data pribadi
Jika aplikasi yang diinstal meminta ijin untuk membuka beberapa data, pastikan kita tidak memberikan ijin akses untuk masuk ke data pribadi, seperti list kontak telepon.

5. Gunakan aplikasi keamanan khusus perangkat Android
Selain waspada saat menginstal dan membuka link tertentu, kita disarankan untuk juga menginstal aplikasi keamanan untuk ponsel. Trend Micro Mobile Security for Android misalnya, bukan saja mengamankan password yang kita miliki, tapi juga semua data transaksi mobile banking kita.(kompas)
Previous
Next Post »

Mohon dengan sangat untuk berkomentar dan saran demi kemajuan bersama,, beri kritik yang bermanfaat dan jangan lupa join blog ini..!
oke??? terima kasih :) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment