BUDAYA POLITIK PAROKIAL



BUDAYA POLITIK PAROKIAL ( PAROCHIAL POLITICAL CULTURE )
Tipe budaya politik yang orientasi politik individu dan masyarakatnya masih sangat rendah. Hanya terbatas pada satu wilayah atau lingkup yang kecil atau sempit. Individu tidak mengharapkan apapun dari sistem politik. Tidak ada peranan politik yang bersifat khas dan berdiri sendiri. Biasanya terdapat pada masyarakat tradisional.
Contoh : Negara TsarRussiadahulu sebelum PD II

BUDAYA POLITIK SUBJEK ( SUBJECT POLITICAL CULTURE )
Masyarakat dan individunya telah mempunyai perhatian dan minat terhadap system politik Meski peran politik yang dilakukannya masih terbatas pada pelaksanaan kebijakan-kebijakan pemerintah dan menerima kebijakan tersebut dengan pasrah. Tidak ada keinginan untuk menilai , menelaah atau bahkan mengkritisi
Contoh : Menurut Almond dan Verba ada variasi diantara ketiga tipe budaya politik tersebut yaitu :
  1. Budaya politik subjek-parokial
  2. Budaya politik subjek-partisipan
  3. Budaya politik parokial-partisipan.
Berdasarkan tipe-tipe budaya politik diatas dapat disebutkan tiga model kebudayaan politik yaitu : Demokratik Industrial (Amerika Serikat, Jerman, Inggris,Jepang,KoreaSelatan dsb), Sistem Otoriter (Kuba, dan negara2 komunis lainnya dan Demokratis Pra Industrial (Singapura,Malaysia, dan negara2 industri baru).

BUDAYA POLITIK PARTISIPAN ( PARTICIPANT POLITICAL CULTURE
Merupakan tipe budaya yang ideal. Individu dan masyarakatnya telah mempunyai perhatian, kesadaran dan minat yang tinggi terhadap politik pemerintah. Individu dan masyarakatnya mampu memainkan peran politik baik dalam proses input (berupa pemberian dukungan atau tuntutan terhadap sistem politik) maupun dalam proses output (melaksanakan, menilai dan mengkritik terhadap kebijakan dan keputusan politik pemerintah)
Contoh : Budaya politik adalah suatu konsep yang terdiri dari sikap, keyakinan, nilai-nilai dan ketrampilan yang sedang berlaku bagi seluruh anggota masyarakat, termasuk pola-pola kecenderungan khusus serta pola – pola kebiasaan yang terdapat pada kelompok-kelompok dalam masyarakat. Indonesia menganut budaya politik yang bersifat parokial-kaula di satu pihak dan budaya politik partisipan di pihak lain. Sikap ikatan primodalisme masih sangat mengakar dalam masyarakatIndonesia, artinya diintifikasi masih kuatnya paternalisme dalam budaya politikIndonesia.


Comments
0 Comments

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))

Poskan Komentar

Mohon dengan sangat untuk berkomentar dan saran demi kemajuan bersama,, beri kritik yang bermanfaat dan jangan lupa join blog ini..!
oke??? terima kasih :)

Recent Comment

Submit Link & Link Sahabat

Bagi yang ingin Link nya di pasang di sini,
silakan isikan data-data dibawah, lalu klik SUBMIT
Nanti akan di munculkan!
Jangan Lupa di Backlink Juga ya?!
==Teman oopz-shootz==